Iklan

Cara Merekam Layar Monitor dan Membuat Video Capture


"Tempat Berbagi ilmu dan info info seputar dunia elektronic"

 Pernah tidak lihat video-video tutorial di youtube? Pengen tau gimana cara membuatnya? Disini akan saya ungkap bagaimana cara Cara merekam layar monitor dan membuat video capture.
Video tutorial tersebut di buat menggunakan sebuah software yang berfungsi untuk mengcapture gambar, merekam powerpoint dan mampu merekam aktivitas di layar monitor.
Software yang digunakan adalah software camtasia studio, jika berminat silahkan coba Camtasia Studio 7 melalui link sumber ini.
Sumber: http://www.techsmith.com/
3 langkah mudah yang ditawarkan oleh aplikasi ini yaitu Record, Edit dan Share. Anda bisa dengan mudahnya merekam aktivitas di layar monitor Anda, mengeditnya dan share ke Youtube. Software ini mampu menghasilkan video dengan format .mp4, .avi, .mpeg dan .gif
Nah, kali ini kita akan belajar untuk meng-capture video sederhana dan menjadikannya file berformat *.mp4, yang mana hasilnya nanti bisa kita upload kembali ke Youtube.
Dalam percobaan ini kita menggunakan Camtasia Studio 7, pastikan aplikasi ini sudah terinstalasi di computer anda.
Cara Merekam Layar Monitor dan Membuat Video Capture
  1. Buka aplikasi Camtasia Studio 7 di komputer anda, untuk tampilan camtasia studio 7 dapat dilihat pada gambar berikut:camtasia-studio-project
  2. klik Record the screenuntuk mulai merekam tampilan layar monitor anda, maka akan tampil tools seperti gambar berikut.camtasia-selectarea-record
  3. Pilih Select Areafull screen atau custom untuk menentukan area yang akan direkam.
  4. Selanjutnya pilih besarnya dimensi atau resolusi video yang akan direkam, besarnya resolusi mempengaruhi bagus atau tidaknya resolusi pada video. Semakin besar resolusinya maka akan semakin bagus hasilnya, namun ukuran file juga akan semakin besar.
  5. Pilih Recorded Inputs yang akan digunakan, jika ingin merekam video dari webcame pilih webcame on. Jika dalam proses perekaman ingin menggunakan suara dari mic maka pilih audio on dan atur besar kecil volume suara yang akan direkam.
  6. Untuk memulai merekam klik tombol REC, maka tampilan selanjutnya akan seperti gambar berikut.
    camtasia-record-screen
  7. Perhatikan gambar diatas, akan ada hitungan mundur sebelum proses merekam dimulai. Jika sudah menunjukkan 0 berarti dimulai, pada bagian duration akan menunjukkan detik dan menit dari video yang kita ambil. Ada 3 tombol utama di bagian ini yaitu Delete (untuk menghapus video yang salah ambil), Pause dan Stop.
  8. Jika sudah puas merekam, silahkan klik Stop atau F10.
  9. Selanjutnya video hasil rekaman kita akan ditampikan pada jendela preview, terdapat 3 pilihan di sini yaitu Save and Edit, Produce dan Delete.
    camtasia-produce
    Untuk proses pembuatan video instan, maka kita akan menggunakan fitur Produce yang mana dalam contoh ini asumsinya video yang kita buat sudah bagus, sehingga tidak perlu proses pengeditan lebih lanjut.
  10. Maka akan terbuka jendela untuk menyimpan materi video awal tersebut(file yang disimpan belum berformat video, masih format awal video mentah).
    camtasia-save-record
    Kemudian simpan sesuai dengan nama yang Anda inginkan.
  11. Jendela Production Wizard pun akan terbuka secara otomatis. Lihat jendela produktion pada gambar berikut.
    camtasia-production-wizard
    Pilih format video yang dinginkan.
  12. Pilih lokasi penyimpana dan klik finish.
    camtasia-finish-record
  13. Jika sudah selesai, maka akan terbuka jendela notifikasi status rendering video Anda. Tunggu hingga proses ini selesai.
  14. Silahkan buka video pada folder penyimpanan yang telah ditentukan tadi.
  15. Putar video yang telah anda rekam menggunakan video player. Bagaimana hasilnya?
Cara Merekam Layar Monitor dan Membuat Video Capture dengan software camtasia studio biasanya dilakukan untuk membuat video tutorial dan persentasi.

0 comments: